Senin, 20 November 2017

Cara Budidaya Udang Vanamei Dengan Cara Modern Menggunakan Pupuk Yatop Di

Tips Budidaya Udang Vaneme Secara Semi Intensif Memakai Pupuk Organik Yatop


1. Bagaimana memelihara udang vaname tidak terkena berbagai penyakit seperti Wsf/Mio/Bercak putih dll. ?


Sehat itu penting, pertama yang harus di sterilkan yaitu media air terlebih dulu. Taburlah Yatop 3 Liter/hektar ke area tambak dengan cara dicampur air, lakukan penaburan serata mungkin. Hal ini bertujuan agar air netral, seimbang, plangkton dan phyto plankton tumbuh dengan cepat selain itu juga kondisi tanah didalam tambak cepat berlumpur seperti tepung, sehingga udang betah dan nyaman berada di dasar lumpur, dengan begitu maka udang akan berkembang dengan cepat.


Lakukan ditiap 1 minggu sekali di tabur yatop 1 liter/hektar bertujuan untuk menjaga keseimbangan ekosistem di dalam tambak, merawat kesehatan udang lebih agresif, lincah dan nafsu makannya bertambah 3 kali lipat. Penaburan yatop sebanyak 1 liter/hektar ditiap 1 pekan sekali merupakan hal yang wajib, karena untuk mencegah situasi kondisi alam ekstrem yang tidak menentu. Kebutuhan pupuk yatop untuk 1 hektar antara 15 liter hingga bisa panen. ( 3 bulan ).


2. Bagaimana udang yang sulit moulting ( berganti kulit ) sehingga pertumbuhannya lambat ?


Udang cepat besar ditandai dengan terlihatnya moulting. Udang sehat moultingnya cepat tetapi kalau udang susah moulting dipastikan ada sesuatu yang kurang di dalam tambak. Penyebabnya ini harus dicari. Namun untuk mencari faktor penyebabnya itu yang sulit bahkan petani enggan untuk meneliti. Kebanyakan Petani kita pengen instan. Faktor udang tidak moulting dikarenakan kulit udang yang mengeras. Solusinya yakni Taburkan pupuk yatop sebanyak 5 liter/hektar semakin banyak yatop di tebarkan ke area tambak maka udang moulting akan lebih cepat. Sipat pupuk yatop itu sedikit perih jika terkena luka, rasa perihnya tersebut dalam waktu sekian detik atau menit, apabila kena kulit udang maka hasilnya udang akan cepat ganti kulit. Seringkali udang akan berganti kulit dalam waktu 4 hari.

3. Bagaimana udang stress/teller masih bisa diselamatkan ?



Udang bisa stress dikarenakan banyak faktor, diantaranya adalah kondisi di dasar tambak terlalu dingin, kurangnya protein di dasar, tengah dan di atas air. Pupuk Yatop adalah pupuk yang didalamnya terkandung banyak protein tinggi. Cirinya yakni jika tutup botol sedikit di buka lalu ditutup kembali maka proteinnya otomatis muncul ke atas berwarna keputih-putihan. Jika udang stress/teller dan naik ke atas maka solusinya dengan cara menaburkan Pupuk Yatop 3 liter/hektar kemudian tunggu 1 hingga 3 jam, apakah udang turun kembali ke dasar atau tidak. Apabila masih belum turun maka taburkan kembali pupuk yatop 1 – 2 liter lg. Semakin banyak pupuk yatop di tebar maka semakin cepat udang turun ke dasar dan normal kembali. Jika udang sudah stress dan pulih kembali dengan yatop maka Usahakan dilakukan penaburan yatop 1 liter/hektar secara rutin setiap 1 pekan sekali. Jangan lewat satu minggu karena akan menyebabkan udang stress lagi.


4. Bagaimana tambak yang sudah tidak produktif / jarang menghasilkan masih bisa diperbaiki ?

Tambak yang sudah rusak/kurang produktif masih bisa diperbaiki, caranya adalah harus kembali ke alam. Gunakan kotoran sapi, dikarenakan di dalam lument sapi banyak mikroba yang berguna buat tanah dan bisa bertahan sampai 3 bulan. Rumus pembuatan Kotoran sapi Sbb. : 1 LITER YATOP + 5 KILOGRAM KOTORAN SAPI BARU + 50 LITER AIR. Permentasi dalam kurun waktu 1 minggu, tiap hari di aduk selama 5 menit. Setelah 1 minggu taburkan ke tambak dalam kondisi macak-macak. Biarkan selama 5 hari jika timbul lumut sutera lalu isi tambak hingga penuh. Kebutuhan kotoran sapi sebanyak 50 kg/hektar. Kotoran hewan sapi wajib menggunakan yang baru, maksimal 3 hari setelah keluar dari dubur sapi



Keunggulan Pupuk Yatop Untuk Udang Vaneme

Berdasarkan pengalaman di Lapangan pupuk Yatop memiliki karakteristik yang unik dan jarang ditemui di berbagai kota di Tanah Air. Keunggulannya adalah sebagai berikut :


1. Bisa Menetralisir Air Payau

Air payau untuk udang bisa dinetralisir oleh pupuk Yatop dalam kurun waktu kira-kira 3 jam. Caranya : Masukan air payau ke dalam gelas (240 cc) lalu masukan pupuk yatop. Air payau yang tadinya asin akan berubah menjadi netral selama kurun waktu 3 jam, dan garamnya turun ke dasar gelas. Lama-lama air tersebut akan terasa seperti manis jambu air.


2. Bisa Menetralisir Residu Kimia Dalam Air

Air yang tercemar oleh limbah dari pabrik bisa dinetralisir oleh pupuk Yatop dalam waktu 3 hari. Air tambak yang tadinya tercemar dalam 3 hari akan berubah warnanya. Makanya kami menyarankan sebelum udang dimasukan ke area tambak lebih baik ditabur pupuk yatop terlebih dahulu setelah 3 hari barulah masukan benih udang.


3. Ph Air Dan Ph Tanah Menjadi Seimbang

Setelah air dan tanah di tabur pupuk yatop maka selama 3 hari kondisinya akan seimbang. Hal tersebut telah terbukti dengan test kertas lakmus dimana PH tanah {berubah menjadi|menjadi| 6. Jika PH sudah seimbang maka udang pun akan bertumbuh dengan cepat.


4. Tanah Lumpur Akan Menjadi Halus Seperti Tepung

Tanah lumpur yang telah diberi yatop maka kondisi lumpurnya akan mengalami perubahan menjadi lebih halus seperti tepung dalam kurun waktu 4 hari. Semua mikroba tanah akan bereaksi karena yatop merupakan sumber makanan bagi bakteri.


5. Lumut Sutera Menjadi Subur

Tambak yang di tabur dengan Yatop akan tumbuh lumut sutera, paling cepat 4 hari sampai 1 minggu. Lumut sutera bagus untuk makanan udang.


6. Mengobati Luka Pada Udang

Udang yang terkena penyakit, Virus atau lainnya bisa disembuhkan dalam waktu 30 menit. Jika lumpurnya sudah mengandung yatop maka udang yang luka masuk ke dalam lumpur dan lukanya cepat terobati.


7. Plankton Berkembang Dengan Cepat

Tambak yang telah di tabur pupuk yatop dalam waktu 3 hari akan terlihat plankton-plankton yang berkemban biak didasar, tengah dan permukaan air.


8. Udang Stress Normal Kembali

Apabila melihat udang yang sedang stress atau minggir ke atas air maka udang tersebut hidupnya tidak akan lama, esok atau lusa udang akan mati. Apabila melihat kejadian seperti itu maka solusinya Tebarkan Pupuk yatop 3 liter perhektar, dalam kurun waktu 3 jam udang akan normal kembali dan kembali ke dasar tambak. Udang setelah ditabur pupuk akan lebih gesit/lincah.


9. Daging Udang Bebas Residu 

Udang yang sudah memakai pupuk Yatop ketika dipanen dagingnya sudah bebas dari residu kimia. Warna udang cerah, daging kenyal, dan rasa gurih.


Umtuk Konsultasi Dan pemesanan bisa langusng ke Umar yatop Di no 085286231111 dan dapatkan updatenya di Budidaya udang

Author Profile

About vidio sharing

Travel umroh terbaik dan terpercaya di indonesia terdaftar di kementrian agama.

0 Komentar Cara Budidaya Udang Vanamei Dengan Cara Modern Menggunakan Pupuk Yatop Di

Posting Komentar

Back To Top